Self-Published Book Project

Posted on March 26, 2017

0


Halo teman-teman RP-er NIH :D

Seperti yang kita semua ketahui, tahun ini forum dan komunitas IndoHogwarts akan merayakan hari jadinya yang ke-10. Daaan, seperti yang kita semua ketahui, bahwa IndoHogwarts terbentuk dari mimpi dan harapan-harapan sebagaimana kita semua para penulis melakukannya. Membangun mimpi dan menuliskannya dalam karya.

So, saya dan beberapa teman ingin sekali membuat sebuah project lagi yang menghasilkan dari komunitas ini. Yap, it’s SELF-PUBLISHED BOOK PROJECT which is created BY US.

Project ini akan jadi project bersama yang akan dilaksanakan selama dua bulan (proses pengumpulan naskah, layouting buku, editor buku, dll). Karena kita akan mencoba mendanai project ini bersama-sama, dan jelas menuliskanya bersama-sama. Sekaligus juga memberi tahu kepada khalayak umum kembali, ‘Apa sih IndoHogwarts itu?’ dan ‘Kalau IndoHogwarts adalah komunitas para penulis, karya apa yang sudah mereka buat?’

Dan tentunya saya butuh teman-teman sekalian untuk project ini :) So, what will we do?

Kita akan membuat sebuah antalogi cerpen dari sudut pandang chara yang kita punya, dengan tema;

‘A YEAR WITHOUT SUMMER’.

Ketentuannya sebagai berikut:

1. Menulis kisah dari sudut pandang chara dengan tema tersebut, yap, coba kerahkan seluruh research chara yang sudah kalian buat dengan mengikuti tema ini.
2. Panjang naskah cerpen 1500 – 3000 kata
3. Apakah harus chara yang terdaftar di NIH? Sebaiknya, iya.
4. Kalau sudah kehapus? Apa masih bisa membuat cerita? Bisa, bisa banget ga masalah. Asal mengikuti tema.
5. Karena kita mengikuti background Potterverse, yap, alangkah baiknya background Harry Potter ini tidak terlalu ditonjolkan. Tonjolkan background cerita yang lebih umum seperti keadaan Inggris pada saat itu atau murni cerita di dalam chara sendiri yang tidak terlalu bersinggungan dengan dunia Harry Potter. Jika kamu mau menuliskan soal Hogwarts, you can trick your story by making Hogwarts as ‘school’.
6. Rating naskah PG13+
7. Naskah bisa dikirim ke wearelumos2017@gmail.com sampai tanggal 12 April 2017

Keuntungan teman-teman mengikuti project ini;

1. Menulis, yap, dengan menulis, teman-teman sudah memiliki keuntungan tersendiri dari project ini. Tidak ada yang jadi rugi dengan berhasil menuliskan sebuah karya
2. Belajar bersama-sama bagaimana sebuah buku diterbitkan, dari proses membuat buku, proses cetak, sampai dengan marketing-nya. Yang nantinya diharapkan agar teman-teman terpacu mau membuat karya sendiri yang lebih hebat :)
3. Terlibat sebagai orang yang terus memajukan komunitas IndoHogwarts :D

Sebagai pembuka project ini, kami butuh 10 cerita pendek dengan tema tersebut yang sudah ditentukan oleh teman-teman sekalian, yang nanti akan dirangkum dalam satu buku yang akan kita terbitkan ini. Kenapa cuman 10? Pertama, ini akan menjadi project-starter kita, buku yang kita buat sendiri berkisar 200 – 225 halaman saja. Yap, naskah nanti akan kami pilih yang terbaik, tetapi bukan berarti karyamu ga baik. Asal kamu sudah berhasil dan berani berkarya, itu sudah tanda bahwa kamu unggul di depan!

Bicara pendanaan, kita akan mendanainya bersama-sama. Pendanaan nanti akan dibicarakan bersama dengan 10 penulis yang karyanya terpilih nanti. Jangan takut dengan pemikiran, “Mahal ga dananya?” Engga kok. Karena ini project yang akan kita lakukan bersama-sama, tentunya kita akan sharing pendanaan juga yang akan mengikuti kemampuan teman-teman sekalian.

Dibutuhkan juga yang jago design dan memiliki kemampuan ilustrasi buku, yang nantinya ilustrasi buku akan dijadikan cover buku self-published kita ini.

Ada pertanyaan, kritik, dan saran? Silakan layangkan saja ke twitter: @_________el / LINE ke amandasastri

Advertisements
Posted in: Project